Bawang merah di Palembang dipasok dari sumbar

Palembang (ANTARA Sumsel) - Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Palembang, Ibnu Rohim mengatakan, pasokan bawang merah di wilayah itu sebagian besar dipasok dari sumatera Barat (Sumbar) dan Jawa Tengah (Jateng).
 
Sedangkan stok yang ada pada tingkat distributor dan pedagang pengecer di daerah itu cukup untuk memenuhi kebutuhan 50 ton bawang merah per hari, kata Ibnu Rohim, Kamis.

"Kami telah mengecek ke pedagang-pedagang pengumpul bawang merah dan dipastikan mencukupi kebutuhan selama beberapa pekan mendatang, sedangkan harga mencapai Rp60 ribu per kilogram," ujarnya.

Pihaknya optimistis walaupun saat ini harga bawang itu mahal tetapi tidak akan kekurangan stok. Apalagi, dalam waktu dekat sentra produksi bawang segera panen.

Dia juga menjelaskan soal stok bawang putih dan bombai yang masih mencukupi, harga komoditas tersebut juga stabil murah, yaitu bawang putih Rp12.000 per kilogram dan bawang bomba Rp20.000/kg.

Biasanya kedua jenis bawang itu, khususnya bawang putih setiap menjelang lebaran akan naik karena tingginya permintaan pasar, namun hal itu akan terpenuhi mengingat stok cukup banyak, ujarnya.

Peningkatan permintaan itu terkait dengan banyaknya warga membuat "cuko" atau kuah untuk mengonsumsi pempek makanan khas di kota tersebut.(Antara)

18 Jul, 2013


-
Source: http://sumsel.antaranews.com/berita/276740/bawang-merah-di-palembang-dipasok-dari-sumbar
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 comments: