Ekonom: BI rate akan tetap 6,5 persen

Senin, 22 Juli 2013 16:32 WIB

Ekonom: BI rate akan tetap 6,5 persen

Bank Indonesia (FOTO ANTARA)

...Kami masih yakin BI tidak akan hajar lagi di BI rate, tapi BI akan main di Fasbi rate...

Berita Terkait

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Kepala Ekonom Bank Mandiri Destry Damayanti memprediksi tingkat suku bunga acuan atau BI rate akan tetap pada angka 6,5 persen hingga akhir 2013.
        
"Kami masih yakin BI tidak akan hajar lagi di BI rate, tapi BI akan main di Fasbi rate," kata Destry saat dihubungi di Jakarta, Senin.
        
Jika BI rate diperkirakan tetap di 6,5 persen hingga akhir tahun, lanjut Destry, Fasbi rate diperkirakan akan meningkat lagi sebesar 50 basis poin (bps) ke angka 5,25 persen dari sebelumnya 4,75 persen.
       
"Naiknya BI rate itu dampaknya lebih luas, padahal saat ini domestik ekonomi sangat kita butuhkan untuk jadi penopang pertumbuhan ekonomi kita," tuturnya.
        
Menurut Destry, pertumbuhan ekonomi nasional tidak bisa mengharapkan dari faktor eksternal yakni adanya perbaikan dari perekonomian global.
        
Oleh karena itu, penahanan BI rate hingga akhir tahun diharapkan mampu tetap mendorong dan menjaga momentum pertumbuhan ekonomi di Tanah Air.
        
"Kita harapkan BI rate tetap paling tidak sampai akhir tahun, di mana BI akan menggunakan bauran kebijakan yang lain bisa dengan Fasbi rate, bisa dengan exchange rate (nilai tukar), ada berbagai kombinasi lah," kata Destry.
        
Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia sebelumnya pada 11 Juli lalu telah menaikkan BI rate sebesar 50 basis poin menjadi 6,5 persen dari posisi sebelumnya 6 persen. Kebijakan tersebut untuk memastikan inflasi yang meningkat pasca-kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi dapat segera kembali ke lintasan sasarannya.
        
RDG BI juga memutuskan suku bunga deposit facility naik 50 basis poin menjadi 4,75 persen dari sebelumnya 4,25 persen dan suku bunga lending facility tetap sebesar 6,75 persen.

Editor: Yudi Abdullah
COPYRIGHT © 2013

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasumsel.com

Komentar Pembaca

Kirim Komentar

22 Jul, 2013


-
Source: http://sumsel.antaranews.com/berita/276873/ekonom-bi-rate-akan-tetap-65-persen
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 comments: