Rupiah Senin pagi di posisi Rp10.055

Senin, 22 Juli 2013 16:34 WIB

Rupiah Senin pagi di posisi Rp10.055

Uang rupiah kertas pecahan Rp100.000. (Foto Antarasumsel.com/12)

...G-20 berkomitmen untuk lebih fokus pada pemulihan ekonomi global, kondisi itu cukup membuat mata uang domestik bergerak stabil...

Berita Terkait

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Mata uang rupiah Senin pagi cenderung bergerak stabil di posisi Rp10.055 per dolar AS, menyusul komitmen G-20 yang akan fokus pada pemulihan ekonomi global.
        
"G-20 berkomitmen untuk lebih fokus pada pemulihan ekonomi global, kondisi itu cukup membuat mata uang domestik bergerak stabil," kata Analis Monex Investindo Futures, Zulfirman Basir di Jakarta, Senin.
        
Meski demikian, lanjut dia, rupiah masih dibayangi kekhawatiran potensi pengurangan stimulus moneter Federal Reserve, perlambatan ekonomi Indonesia, dan masih defisitnya neraca perdagangan Indonesia seiring masih tingginya harga minyak dunia.
        
Pengamat pasar uang dari Bank Himpunan Saudara, Ruly Nova menambahkan langkah Bank Indonesia yang mengeluarkan instrumen "Foreign Exchange" (FX) "Swap" diharapkan dapat menahan pelemahan nilai tukar rupiah lebih dalam.
        
Ia mengatakan dengan adanya fasilitas itu maka dana asing yang berasal dari pasar modal dapat terdeteksi pergerakannya sehingga nilai tukar domestik dapat lebih stabil.
        
"Selama ini 'hot money' dari pasar modal cenderung susah dikendalikan, diharapkan dengan adanya fasilitas itu dapat dikendalikan dan berdampak positif bagi rupiah," katanya.
        
Ruly juga mengatakan harga minyak dunia yang di atas level 100 dolar AS per barel masih menjadi sentimen negatif bagi neraca perdagangan Indonesia (NPI).

Editor: Yudi Abdullah
COPYRIGHT © 2013

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasumsel.com

Komentar Pembaca

Kirim Komentar

22 Jul, 2013


-
Source: http://sumsel.antaranews.com/berita/276874/rupiah-senin-pagi-di-posisi-rp10055
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 comments: