Satu derajat pemanasan global naikkan permukaan laut dua meter

Wina (Antara/Xinhua-OANA) - Kenaikan setiap satu derajat Celsius temperatur Bumi dapat mengakibatkan naiknya permukaan air laut sampai lebih dari dua meter, kata satu tim peneliti interasional di Innsbruck, Austria, Senin (15/7).

Dampak dari karbon dioksida di atmosfir Bumi sebagai akibat dari pembakaran bahan bakar fosil akan berlangsung lama pada iklim global, kata tim tersebut di dalam dokumen penelitian yang diterbitkan di jurnal sains "PNAS".

Kebanyakan itu akan mengakibatkan pencairan banyak lapisan es di Greenland dan Kutub Selatan selama 2.000 tahun ke depan.

Pada Abad XX, perluasan air hangat dan pencairan gunung es mengakibatkan permukaan air laut naik sampai 20 centimeter, kondisi yang diperkirakan tim tersebut akan bertambah cepat pada masa depan.

Hal itu terjadi sebab karbon dioksida tetap berada di atmosfir untuk "waktu yang sangat lama", kata penulis utama studi tersebut Anders Levermann, di dalam laporan APA sebagaimana dikutip Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa.

Pada gilirannya itu mengakibatkan munculnya dampak pemanasan akibat kehadiran buangan (emisi) tetap ada untuk waktu lama.

Bagian dari masalah tersebut ialah bila lapisan es mulai mencair, kondisi itu tak bisa diubah lagi kecuali temperatur turun, ia menambahkan. Tim tersebut juga menyatakan mesti ada pembahasan jangka lebih panjang mengenai apa yang dibangun di dekat daerah pantai sebagai tolok ukur untuk menanggulangi naiknya permukaan air laut.

16 Jul, 2013


-
Source: http://sumsel.antaranews.com/berita/276676/satu-derajat-pemanasan-global-naikkan-permukaan-laut-dua-meter
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 comments: