Home » » Tiga desa Tanjabar Jambi jalankan program MP3KI

Tiga desa Tanjabar Jambi jalankan program MP3KI

Written By Blogger on Monday, July 22, 2013 | 10:02 AM

Senin, 22 Juli 2013 09:37 WIB

Tiga desa Tanjabar Jambi jalankan program MP3KI

Ilustrasi - Penduduk miskin. (Foto Antarsumsel.com/Yudi Abdullah/11)

...Tujuan dari MP3KI adalah berupaya menekan angka kemiskinan pada masyarakat di setiap daerah dengan berbagai pengukuran indikator yang tersedia...

Berita Terkait

Jambi (ANTARA Sumsel) - Sebanyak tiga desa di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi, ditetapkan sebagai pelaksanaan program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pengurangan Kemiskinan di Indonesia (MP3KI).
         
Program yang dilaksanakan oleh Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas tersebut bertujuan untuk mempercepat pengurangan kemiskinan.
        
Kepala Sub Bidang Pendidikan dan Pemerintahan pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabar), Yudha Rusmansyah ketika dikonfirmasi, Minggu membenarkan ada tiga desa di Kecamatan Pengabuan, Tanjabar yang dijadikan lokasi percontohan program MP3KI.
         
"Selain Kabupaten Tanjabar, dua kabupaten di Provinsi Jambi juga masuk dalam program yang akan dimulai tahun 2014 ini, yaitu Kabupaten Batanghari dan Tanjung Jabung Timur," katanya.
         
Tujuan dari MP3KI adalah berupaya menekan angka kemiskinan pada masyarakat di setiap daerah dengan berbagai pengukuran indikator yang tersedia.
         
Lokasi "quick Wins" atau sebagai lokasi kemenangan yang dipercepat ini merupakan simpul-simpul kemiskinan yang penanganannya dapat berpengaruh besar pada upaya penurunan angka kemiskinan satu sampai dengan dua tahun ke depan, kata Yudha.
         
Sebagai program andalan, MP3KI ini juga bertujuan untuk mengimbangi rencana besar pembangunan ekonomi yang terintergrasi dalam Masterplan Percepatan Dan Perluasan Pembanguan Ekonomi Indonesia (MP3EI).
         
Program ini langsung menyasar ke masyarakat bawah yang mengalami kemiskinan ekstrim di lndonesia.
         
Peluncuran program tersebut akan dimulai pada 2014, dan dalam program MP3KI ini rencana pagu anggaran bersumber dari APBN yang dikucurkan untuk masing-masing desa sebesar Rp2 miliar.
         
Menurut Yudha, Bappenas sudah meminta tim untuk segera mempersiapkan segala kebutuhan untuk memuluskan program MP3KI tersebut termasuk kegiatan yang diperlukan dan mengusulkan desa mana yang layak dijadikan "quick wins".
         
Dari hasil koordinasi Bappeda Tanjabar dengan pihak Kecamatan Pengabuan, ada tiga desa yang menjadi target program, yaitu Desa Suak Samin, Parit Bilal dan Desa Teluk Nilau. Data tersebut selanjutnya akan dikirim ke Bappeda Provinsi Jambi, tambahnya.

Editor: Yudi Abdullah
COPYRIGHT © 2013

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasumsel.com

Komentar Pembaca

Kirim Komentar

22 Jul, 2013


-
Source: http://sumsel.antaranews.com/berita/276858/tiga-desa-tanjabar-jambi-jalankan-program-mp3ki
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Berita Terbaru | Breaking News | Muslihun | Max Cote
Copyright © 2013. Kabar Berita Palembang - All Rights Reserved
Template Created by Kolis Published by Mas
Powered by Kangmus, Mus, Sulub and Xlor.