Calon haji Lubuklinggau hanya 152 orang

Lubuklinggau, Sumsel (ANTARA Sumsel) - Calon haji berasal dari Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan yang akan diberangkatkan pada tahun 2013 tercatat sebanyak 152 orang dari 183 orang telah melunasi biaya perjalanan ibadah haji.

"Ke 183 orang itu sudah melunasi biaya perjalanan ibadah haji (BPIH), namun 29 orang lainnya terpaksa ditunda keberangkatannya hinga tahun berikutnya," kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Lubuklinggau Saidi, Jumat.

Pengurangan jumlah jamaah haji Indonesia tahun 2013 itu berdasarkan kebijakan Pemerintah Arab Saudi yang memangkas kuota 20 persen, sehingga untuk 2013 jumlah calon haji dari Lubuklinggau hanya 152 orang dan sisanya 29 orang dipastikan berangkat tahun berikutnya, katanya.

"Mereka akan diberangkatkan pada Musim Haji 2014 dan sudah menjadi prioritas, hal itu merupakan kebijakan pemerintah," katanya.

Ia mengatakan bahwa memutuskan 152 calon haji di daerah yang akan diberangkatkan tahun 2013 itu merupakan ketentuan sesuai dengan Peraturan Menteri Agama No. 63 tahun 2013 tentang kriteria calon haji yang diberangkatkan dan ditunda, ujarnya.

Sementara itu, seorang calon haji dari Kota Lubuklinggau Ahmad mengatakan bahwa ia sudah menduga bahwa dirinya belum ada peluang berangkat haji tahun ini karena berada pada nomor urut paling akhir.

"Namun semua itu ada hikmah dari Allah dan mungkin saya masih kurang syarat secara batin sehingga penundaan ini bisa menambah bekal keimanan," katanya.

Ia mengaku bahwa tidak akan menjadi tanah suci sebagai obyek wisata, namun betul-betul untuk beribadah untuk bertaubat kepada Allah dan hal itu sudah menjadi niat sejak lima tahun lalu, ujarnya

19 Jul, 2013


-
Source: http://sumsel.antaranews.com/berita/276789/calon-haji-lubuklinggau-hanya-152-orang
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 comments: