Disnak Musirawas sediakan stok sapi 1.290 ekor

Musirawas (ANTARA Sumsel) - Dinas Peternakan Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan menyediakan stok sapi potong sebanyak 1.290 ekor untuk kebutuhan Idul Fitri 1434 Hijriyah.

Selain itu ternak jenis kerbau sebanyak 521 ekor, seluruhnya masih di masyarakat dan setiap saat dibutuhkan bisa diambil, kata Kepala Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Musirawas melalui Kasi Produksi Sajadi, Minggu.

Ia mengatakan, stok sapi dan kerbau sebanyak itu sudah melebihi kebutuhan masyarakat setempat yang jumlahnya sekitar 356 ekor, sedangkan sisanya akan dijual ke luar daerah Musirawas.

Persediaan ternak sapi sebanyak itu untuk menekan harga jual daging menjelang lebaran nanti yang diperkirakan mengalami kenaikan cukup tinggi.

Harga daging sapi dan kerbau di daerah itu rata-rata Rp35 ribu per kilogram, sedangkan harga daging di tingkat pengecer saat ini sekitar Rp95 ribu, dari sebelumnya sempat naik memasuki awal Ramadhan mencapai Rp120 ribu per kilogram.

"Kami mengharapkan pedagang tidak menaikan harga daging menjelang lebaran nanti di atas Rp100 ribu per kilogram, dan antisipasinya akan digelar operasi pasar daging dengan harga lebih rendah," ujarnya.

Ia menambahkan, ternak yang akan dipotong itu seluruhnya dalam kondisi sehat dan sebelum masuk rumah potong kesehatannya diperiksa tim medis khusus.

Stok sapi potong di daerah itu sebagian besar hasil penggemukan masyarakat, di samping sapi lokal dan ternak kerbau yang pemeliharaannya masih dilakukan secara alami.

Masyarakat Musirawas sebagian besar melepas ternaknya dan sangat rawan akan terkena penyakit, dengan demikian tim medis lebih memprioritaskan memeriksa ternak masyarakat secara liar tersebut, ujarnya.

21 Jul, 2013


-
Source: http://sumsel.antaranews.com/berita/276841/disnak-musirawas-sediakan-stok-sapi-1290-ekor
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 comments: