KPU: Daftar Pemilih Sementara Babel 936.569

Pangkalpinang (Antara Babel) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyatakan Daftar Pemilih Sementara (DPS) di daerah itu untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 sebanyak 936.569 jiwa.

"Kemungkinan jumlah tersebut masih dapat bertambah karena kami masih menunggu masukan dan tanggapan dari masyarakat yang tidak terdaftar dalam DPS," kata Anggota KPU Babel Divisi Perencanaan, Logistik, Keuangan dan Data Informasi Lailan Cholidah di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengungkapkan, dari total 936.569 DPS tersebut tersebar di satu kota dan enam kabupaten daerah itu yakni di Kota Pangkalpinang sebanyak 135.067 pemilih, di Kabupaten Bangka 225.886 pemilih, di Kabupaten Bangka Barat 126.856  pemilih.

Selanjutnya Kabupaten Bangka Tengah sebanyak 118.371 pemilih, Kabupaten Bangka Selatan 131.946 pemilih, Kabupaten Belitung 117.640 pemilih dan Kabupaten Belitung Timur 80.803 pemilih.

"Data tersebut sudah dipajang di setiap kantor desa di daerah ini sehingga masyarakat dapat melihat dan mengetahui keikutsertaannya pada Pemilu 2014 mendatang," ujarnya.

Sedangkan nama masyarakat pemilih yang belum masuk dalam daftar dapat segera melaporkannya kepada panitia pemungutan suara (PPS) di kelurahan untuk dijadikan bahan revisi penyelenggara Pemilu.

"Kami berharap seluruh pihak untuk ikut berpartisipasi memberikan masukan sebelum data tersebut ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap," katanya.

Ia menjelaskan, sebelum KPU menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT), akan dilakukan revisi yakni pada Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPS HP) dan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan Akhir (DPS HPA).

"Penyelenggara Pemilu hingga di tingkat desa akan melakukan pemutakhiran daftar pemilih untuk menekan jumlah kesalahan data dan pemilih yang tidak terdaftar," ujarnya.

Ia berharap, pihak penyelenggara Pemilu dapat mengakomodasi semua masyarakat pemilih di daerah itu untuk mencegah timbulnya permasalahan di kemudian hari.

"Mudah-mudahan masukan dan tanggapan masyarakat tersebut dapat meningkatkan keakuratan data pemilih di daerah ini," ujarnya.

19 Jul, 2013


-
Source: http://babel.antaranews.com/berita/4223/kpu-daftar-pemilih-sementara-babel-936569
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 comments: