Pemudik melalui Bandara Jambi diprediksi naik 15 persen

Senin, 22 Juli 2013 09:31 WIB

Pemudik melalui Bandara Jambi diprediksi naik 15 persen

Ilustrasi (FOTO ANTARA)

...Kita prediksi menjelang lebaran tahun ini, pemudik yang menggunakan jasa penerbangan melalui Bandara STS Jambi naik sekitar 15 persen...

Berita Terkait

Jambi (ANTARA Sumsel) - Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi Benhard Panjaitan mengatakan, pemudik lebaran yang akan memanfaatkan Bandara Sultan Thaha Saefudin Jambi diprediksi akan mengalami kenaikan 15 persen dibanding hari biasa.
         
"Kita prediksi menjelang lebaran tahun ini, pemudik yang menggunakan jasa penerbangan melalui Bandara STS Jambi naik sekitar 15 persen," katanya di Jambi, Minggu.
         
Untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan pemudik di Bandara Sultan Thaha, sejumlah maskapai penerbangan yang selama ini melayani penerbangan di Jambi telah menyiapkan 232 jadwal penerbangan dengan berbagai tujuan.
         
Jalur udara diprediksi mengalami lonjakan paling tinggi dibandingkan jalur darat atau laut, hal dikarenakan penumpang lebih mengedepankan faktor kenyamanan bila dibandingkan mudik melalui laut atau darat, katanya.
         
Dalam upaya memperlancar pelayanan arus mudik, baik melalui udara, darat dan laut serta sungai, pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait, termasuk dengan perusahaan penerbangan.
         
Ketika ditanya soal harga atau tarif angkutan udara, ia mengatakan, sesuai Peratutan Menteri Perhubungan sudah ada batas atas dan batas bawah yang menetapkan batas tertinggi dan terendah.
         
Sebelumnya, Benhard juga menyatakan, Dishub Provinsi Jambi telah menyiapkan sebanyak 1.060 kendaraan dari berbagai jenis angkutan umum untuk mengantisipasi kebutuhan pemudik pada Hari Raya Idul Fitri tahun ini.
        
 "Jumlah ini berdasarkan hasil pengecekan dan pendataan di lapangan. Jika dirasa kurang, akan dikerahkan kendaraan bantuan dari beberapa instansi seperti kendaraan milik Universitas Jambi, TNI maupun Polri," ujarnya.
         
Untuk memastikan kembali kesiapan angkutan menjelang arus mudik dan balik tahun ini, pihaknya akan kembali melakukan pengecekan fisik kendaraan pada H-7 Lebaran.
         
"Selain itu juga akan dilakukan tes kesehatan para awak kendaraan termasuk juga tes urine para sopir," katanya.
         
Pada musim angkutan lebaran tahun ini, katanya, diperkirakan akan ada 207 ribu pemudik datang ke Jambi dan 190 ribu orang pemudik ke luar Jambi. Jumlah itu berarti terjadi sedikit peningkatan dibanding tahun sebelumnya.
         
Untuk memastikan kelancaraan arus mudik di Provinsi Jambi, Dishub sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) setempat khususnya di jalur-jalur yang dinilai rawan akan bencana.
         
"Selain posko terpadu yang melibatkan Dinas PU, Polri dan TNI juga ada 'base camp' di daerah-daerah tertentu dan tersebar di seluruh kabupaten/kota," ujarnya.
         
Di tiap posko akan dilengkapi sejumlah alat berat untuk mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan saat arus mudik, tambahnya.

Editor: Yudi Abdullah
COPYRIGHT © 2013

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasumsel.com

Komentar Pembaca

Kirim Komentar

22 Jul, 2013


-
Source: http://sumsel.antaranews.com/berita/276857/pemudik-melalui-bandara-jambi-diprediksi-naik-15-persen
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 comments: